Rabu, 01 Februari 2012



RESENSI KU
Pustaka
Judul               : Kitab Writer Preneur
Penulis             : Sofie Beatrix
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan           : I, September 2011
Tebal               : 156 Halaman

Writer Preneur; Jadi Penulis Siapa Takut!

Tentu kita kenal dengan andrea hiratta, tere liye, asma nadia, sofie beatrix, dan lain sebagainya. Mereka adalah orang-orang yang telah sukses dalam dunia tulis menulis. Bagi mereka menulis bukan lagi sebagai pekerjaan untuk mencari sesuap nasi tapi menulis merupakan jalan hidup untuk menyalurkan inspirasi dan pikiran. Namun, kesuksesan yang mereka capai tentu melalui proses yang panjang. Beberapa kali naskah mereka harus ditolak oleh penerbit, kemudian mereka perbaiki sehingga kata-katanya enak dibaca.  Hingga akhirnya setiap naskah yang mereka buat selalu diterima penerbit tanpa proses seleksi. Bahkan penerbit berharap segera muncul naskah berikutnya dan diterbitkan.
Kitab writer Preneur, jangan (takut) jadi penulis mengupas tuntas segala permasalahan tentang cara menulis dari awal hingga akhirnya diterima oleh penerbit. Kita akan belajar dari penulis yang sudah mahir dalam dunia tulis menulis. Buku ini bukan sekedar  mendekte kita tentang teori penulisan yang menjenuhkan, tetapi sebuah sharing bertukar pengalaman sesama penulis. Asyik dibaca dan menambah wawasan baru yang membuat pembaca terinvirasi untuk membuat sebuah buku. Setiap tahap disertai sebuah tutorial yang mudah dan penuh tantangan. Jikalau setiap tutorial kita kerjakan, maka setelah membaca buku ini pembaca bisa membuat sebuah buku sendiri.  
Salah satu kelebihan buku ini adalah setiap tahap penulisan buku selalu diberi contoh yang menarik dan memotivasi pembaca untuk segera menulis. Dan yang lebih hebat lagi adalah diawal bab kita akan mengikuti tutorial singkat untuk menemukan bakat kita sebagai penulis fiksi atau nonfiksi. Kalau kita sudah menemukan bakat kita maka tahap penulisan berikutnya akan mengalir seperti derasnya arus sungai. Tidak cukup itu proses editing buku agar tulisan enak dibaca menjadi bahasan menarik dalam buku ini.
Sebagai penutup, penulis yang telah menghasilkan empat buku melalui penerbit gramedia pustaka utama ini-seperti biasanya-selalu menyertakan bonus disetiap bukunya. Kali ini, bonus yang diberikan adalah tips agar buku kita lolos tanpa seleksi di dapur redaksi penerbit dan kiat sukses memasarkan buku kita menjadi best seller tanpa biaya sepersenpun bahkan membuat kantong kita tambah tebal dua kali lipat dari honor buku. Luar biasa bukan, mau kaya jadi penulis siapa takut!
(Ahmad Anis, Guru MTs Nurul Ummah) 
Dimuat di Kedaulatan Rakyat, Ahad 29 Januari 2012
terimakasih semua 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar